120 PIMPINAN MUHAMMADIYAH TULUNGAGUNG MENGIKUTI BAITUL ARQOM

tulungagungmu, 23/04 — Bertempat di aula STAI Muhammadiyah Tulungagung, Minggu (23/4) pukul 14.00, Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tulungagung menggelar pembukaan Baitul Arqom bagi pimpinan Muhammadiyah. Ketua PDM Tulungagung menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah gerakan besar PWM Jatim, karena tidak hanya dilaksanakan di Tulungagung, tapi juga di seluruh PDM di Jawa Timur. Ketua Majelis Pendidikan Kader PW Muhammadiyah Jatim, Said Abas, MM, membenarkan, bahwa kegiatan ini merupakan agenda utama Majelis Pendidikan Kader PW Muhammadiyah Jatim, dan harus tuntas sebelum Ramadlan yang jatuh akhir bulan Mei yang akan datang.

Dalam sambutannya, ketua panitia dari Majelis Pendidikan Kader PD Muhammadiyah menyampaikan bahwa realita pengkaderan memang menghadapi tantangan tanpa mengurai penyebab-penyebabnya. Baitul Arqom untuk khusus Pimpinan Daerah Muhammadiyah ini baru pertama kali dilaksanakan di Tulungagung sejak tahun 1985. Berbeda dengan yang dilaksanakan di lebaga-lembaga pendidikan Muhammadiyah.

“Kita mengundang hampir 200 peserta yang terdiri dari seluruh PDM, PCM, Majelis dan Lembaga. Tapi sebagaimana yang kita ketahui, sampai saat ini, baru sekitar 50% yang menghadiri,” ungkap Drs. Bahtiar.

“Kita menyadari Baitul Arqom sangat diperlukan, mengingat banyak sekali gerusan-gerusan di masyarakat terkait komitmen ber-Muhammadiyah. Kita harus membentengi agar kader Muhammadiyah tetap memiliki komitmen dan ke depan dapat bergerak lagi lebih hebat,” dr. Anang Imam Massa Arief, ketua PDM Tulungagung, menyampaikan harapan seusai mengilustrasikan kondisi warga Muhammadiyah secara umum saat ini.

“Karena itu, mau tidak mau, bisa tidak bisa, maka kita harus menyiapkan kader. Tidak bisa hanya mengandalkan secara alamiah saja,” Said memantapkan sekaligus menjawab kondisi yang digambarkan ketua PDM Tulungagung. Baik ketua PDM Tulungagung maupun PWM Jawa Timur berharap kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini akan diikuti dengan sungguh-sungguh oleh selalui peserta.

(Tjut Zakiyah Anshari — Jurnalis Muhammadiyah)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "120 PIMPINAN MUHAMMADIYAH TULUNGAGUNG MENGIKUTI BAITUL ARQOM"