Menggembirakan Dakwah Menyambut Ramadhan

Tidak ada komentar 864 views

Berbeda dengan pengajian Ahad pagi biasanya, pengajian Ahad pagi (21/5) disemarakkan dengan 5 kegiatan, yaitu ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Fatkhurrahman, Bazar dari ibu Aisyiyah, Pengobatan gratis dari majelis pembina kesehatan umum (MPKU), launching gerakan 3S dari Lazismu Tulungagung dan Launching Taman Baca Masyarakat (TBM) Pencerah.  Bertempat di Masjid Al Ishlah kecamatan Ngunut, Tulungagung, kegiatan ini diikuti lebih dari 100 warga dan simpatisan Muhammadiyah.

Pengajian ahad pagi kali ini mengangkat tema bergembira menyambut Ramadhan yang disampaikan oleh Ustadz Fatkhurrahman. Selain itu, dalam kajian ini jamaah pengajian diperkenalkan dengan metode Tamyis, yaitu metode menghafal al-Qur’an yang melibatkan anggota tubuh. Jamaah pengajian antusias mengikuti Ustadz Fatkhurrahman memperagakan metode Tamyis.

Bazar mini sudah rutin dilaksanakan setiap pengajian ahad pagi. Bazar ini menjajakan barang dagangan produksi ibu-ibu Aisyiyah serta warga Muhammadiyah lain. Barang dagangan bazar ini mulai dari makanan, suvenir, bumbu masakan, makanan kering dan sebagainya.

Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PDM Tulungagung tidak mau kalah dalam menggembirakan dakwah dengan memberi pengobatan gratis kepada warga Muhammadiyah maupun warga sekitar masjid. Pengobatan gratis ini melayani cek kesehatan dan pemberian obat secara gratis pada warga yang memeriksakan diri.

Gerakan 3S (Sehari Seribu Saja) merupakan program dari Lazismu untuk membiasakan dan menghimpun shodaqoh dari warga Tulungagung. Masing-masing warga yang berminat diberi kaleng untuk diisi shodaqohnya setiap hari  dan ada petugas yang mengambil kaleng tersebut tiap bulannya. “PCM Ngunut menjadi pilot project program 3S ini dan selanjutnya akan disebarluaskan ke cabang-cabang lain” jelas Abdul Jalil, ketua Lazismu Tulungagung.

Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PDM Tulungagung juga melaksanakan salah satu programnya yaitu Launching Taman Baca Masyarakat (TBM) Pencerah. TBM ini sebelumnya berlokasi di RBKIA Tulungagung, namun karena dirasa kurang produktif akhirnya dipindahkan di area masjid Al-Ishlah Ngunut. Sekitar 3000 buku terpajang rapi di lantai satu bangunan masjid dan siap dinikmati oleh masyarakat. Selain layanan baca dan peminjaman, TBM Pencerah juga memiliki beberapa kegiatan lain, seperti mendongeng yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Menggembirakan Dakwah Menyambut Ramadhan"