Sekretaris Muhammadiyah Jatim Periode Pertama, Wafat

Inna lillahi wa innaa ilayhi raaji’uun. Kabar duka datang dari keluarga Muhammadiyah Jawa Timur. Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) periode pertama, –saat itu masih bernama Pimpinan Muhammadiyah Wilayah (PMW) –Jawa Timur, H. A. Latief Malik, wafat, di Surabaya (6/10).
Sosok bersahaja kelahiran Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), ini wafat dalam usia 88 tahun. A. Latief Malik merupakan salah satu tokoh tua Muhammadiyah Jatim. Bersama H. Oesman Muttaqin, KH M. Anwar Zain, dan Haji Makhin, dia menjadi salah satu perintis kepemimpinan Muhammadiyah pada level provinsi. Dia sendiri yang menjadi Sekretaris PWM Jatim, baik di era H. Oesman Muttaqin maupun KH M. Anwar Zain periode awal.

Lahir di Sumbawa, 28 April 1928, Latief cukup singkat menghabiskan masa kecil di tanah kelahirannya. Setamat dari SR, pada 1940, di berangkat ke Yogyakarta untuk ‘nyantri’ ke Madrasah Zuama’ Muhammadiyah. Sekolah yang kini demerger dengan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta ini, dulu sengaja didesain sebagai perkaderan calon pimpinan Muhammadiyah.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Sekretaris Muhammadiyah Jatim Periode Pertama, Wafat"